Kamis, 28 November 2013

Raditya Dika: Berawal dari Diary Saat Diare

Si Kambing Jantan (Raditya Dika)
Profesi penulis bagi sosok yang satu ini adalah sebuah coretan yang bermula dari iseng. Diawali hobi menulis dan bertukar Diary dengan teman laki-laki sebayanya -ketika saat yang bersamaan sedang sakit diare pada masa kecil yang ngondek- sosok pemuda satu ini sukses tidak hanya menjadi penulis. Tapi juga sebagai Aktor layar Lebar, penulis skenario, membuat film dan direktur utama serta pemimpin redaksi salah satu penerbit "BUKUNE". Muncul ke permukaan dengan judul “Kambing Jantan: Sebuah Catatan Harian Pelajar Bodoh”, sukses menuai kebingunan pembaca. Mulai dari "Kambing Jantan" diletakkan di rak  buku Peternakan pada beberapa toko, juga diletakkan di rak buku Misteri dan Kejahatan pada salah satu toko buku di Makassar. Ialah seorang Raditya Dika Angkasaputra si Kambing Jantan. Pria kelahiran 28 Desember 29 tahun silam ini dibesarkan dari keluarga batak bermarga Nasution sebagai anak sulung.
          Pria yang bejenggot pada masa SMA ini, membuatnya dipanggil kambing. Memulai namanya di dunia kepenulisan dengan sebuah cacatan harian berjudul “Kambing Jantan”. Karena pada saat terakhir melakukan cek, jenis kelaminnya masih jantan. Tidak hanya sampai disitu, Dika sapaan akrabnya meraih sukses dengan buku-buku selanjutnya yaitu Cinta Brontosaurus, Radikus Makan Kakus: Bukan Binatang Biasa, Babi Ngesot: Datang Tak diundang Pulang Tak Berkutang, Marmut Merah Jambu dan yang tebaru hingga saat ini ialah Manusia Setengah Salmon. Dimana tiga judul dari beberapa buku tersebut sukses menghipnotis banyak penonton layar lebar dalam pemutarannya di bioskop. Kambing Jantan, Cinta Brontosautus dan Manusia Setengah Salmon. Sebut saja Cinta Brontosaurus yang sukses menarik penonton sebanyak kurang lebih 900 orang, menjadi film terbaik Indonesia di tahun 2013. Tidak berhenti sampai disitu film berjudul Manusia Setengah Salom yang tayang pada akhir 2013 ini, sukses menjadi nominasi di Balinale Film Festival 2013.



          Lain lagi dengan film layar lebar, si Kambing Jantan ini sukses membuat lima belas juta kali malam minggunya ditertawakan di Youtube melalui serial komedi mokomenter “Malam Minggu Miko” yang tayang di salah satu statiun TV Swasta dan Youtube. Setalah sukses dengan lima belas juta kali ditertawakan, maka film “Cinta Dalam Kardus” menjadi film keduanya yang tayang dibioskop pada tahun 2013 disebut sebagai Malam Minggu Miko the Series. Hanya selang beberapa bulan kemudian, film ketiganya “Manusia Setengah Salmon” kembali tayang di bioskop Indonesia guna menghibur penggemarkanya. Pecah! Penulis profesional, aktor, penggaram film dan skenario, bintang iklan, presenter dan pemutaran tiga filmnya dalam satu tahun, jelas merupakan pencapaian yang luar biasa bermula dari kebiasaan ngondek dan tulisan isengnya pada masa kecil.

Nah pembaca, kalau biasanya Gue menulis sesuatu dengan santai dan gaya penulisan komedi, kali ini Gue membuat tulisan dengan gaya yang lumayan serius. Karena akhir-akhir ini Gue ingin menulis sesuatu yang berkesan serius. Bisakah Gue? Bagaimana menurut kamu tentang gaya penulisanku? Silakan berkomentar di kolom yang tersedia ya! ^^

7 komentar:

  1. gue baru tau malah dia dipanggil kambing karena punya jenggot haha. mampir ke http://catatankiting.blogspot.com/ ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih gokil lagi doi bilang kenapa Kambing Jantan karena pas terakhir ngecek doi masih jantan. :v Makasih Kevin udah mampir. Siap! :D

      Hapus
    2. Lebih gokil lagi malah doi bikin Kambing Jantan karena terakhir ngecek doi masih jantan Bro. :v Terima kasih Kevin telah berkunjung. Siap! :D

      Hapus
  2. bang dika mah emang kadang kalo lagi muka bego sekilas kyk kambing :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh, mudah-mudahan Idul Adha tahun depan Bang Dika gak di Qurbanin ya. :v
      Terima kasih telah berkunjung Shakti. :D

      Hapus
  3. Gue yang waktu SD ogah-ogahan nulis jadi berjuang nulis gegara bang Radit. Inspired, but still human *maksudnya dia tetep manusia biasa* *edisi gaje*. Good post, like it :D salam kenal kak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke, Gue kagak ngerti bahasa Inggris nih. :( #milikpribumi Salam kenal juga Dek! #gejalaadekkaka #gakjelas

      Hapus

Tak "nyasar", maka tak kenal. Ayo tinggalkan kesan!