Selasa, 03 Maret 2015

Keseruan #4mazingKK Regional Palembang

#4mazingKK
Jarum pada jam tangan yang melingkari pergelangan tangan kananku sudah menunjukkan aku terlambat sekitar 7 menit. Jalan menuju Kambang Iwak Family Park sangat membuat pening. Banyak jalan searah, jauh jika harus memutar balik dan keruwetan lainnya. Maklum, meski sudah tinggal hampir 20 tahun di Palembang, ini kali pertamaku akan singgah di taman kota yang mengitari kambang, ialah perairan di tengah taman tersebut. Semacam kolam, umumnya. Ramai dipenuhi muda-mudi dan orang tua berolahraga lari di Jogging Track. Apalagi di akhir pekan seperti kemarin (28/02/15).

Hasilnya, setelah molor selama 15 menit, barulah bisa menemukan jalan yang benar dan bertemu dengan teman-teman yang sepertinya sudah menunggu lama. Tak susah mencarinya, mereka kompak dengan baju merah. Dress Code sesuai yang disepakati di Grup Chatting.

Tentunya muka-muka asing. Dua orang laki-laki yang tengah mengobrol sambil menghisap rokok yang pertama kusalami. Ritzya dan Fahrurozi dua orang seumuranku, tapi badannya lebih kecil sedikit saja.

Selanjutnya empat gadis yang lagi cekikikan bersama, entah apa yang dibahas. Yang jelas, sepertinya sudah lama kenal dan aku lupa siapa saja nama mereka.

Di bangku kayu sepanjang satu meter, hanya sekitar empat langkah  tepat dari pinggir kambang, dua perempuan berjilbab merah tengah asik-asiknya Selfie. Mereka berhenti sejenak karena kedatanganku, lalu kami bersalaman. Tyak dan Yuni, balasnya setelah kusebut namaku.

Kami mengobrol di gazebo, sekitar empat meter dari perairan. Tak terasa waktu sudah meleset sangat jauh dari pukul 10:00, satu persatu teman lain berdatangan. Tak ada yang familiar denganku. Timbul kekhawatiran, kopi darat #4mazingKK pertama bersama komunitas Blogger kreatif Kancut Keblenger Regional Palembang ini akan berakhir garing untukku sendiri. Hanya poker face saja, sambil mendengarkan obrolan mereka, sesekali aku tertawa sedikit.

'Kok Ilham diem aja? Ngobrol kek.' Kata Kak Ayik, sapaan akrabnya. Berjilbab merah, berbaju dan celana levis, Kak Ayik seperti sudah dari subuh menunggu. Dia nampak kesal dan paling sering ngomel karena teman yang lain pada ngaret. Terutama sang jendral. Sebutan untuk ketua regional kami. Mahasiswi tingkat akhir, yang tengah disibukkan dengan mencapai kelulusan tes toefl dengan nilai 500 ini juga yang pertama kali memarahi sang jendral. Ketika Kak Juju, namanya, menampakkan batang hidung. Muncul dari arah belakangku, selurusan dengan posisi duduk Kak Ayik.

PERKENALAN, PUKUL 11:30.

Sesi Perkenalan Berantai
Tak kenal, maka tak adek-kakakan, setiap kopdar #4mazingKK pasti dimulai dengan perkenalan. Apalagi banyak muka-muka baru. Jumlah kami yang hadir 22 orang.

Ada peraturan yang dibuat oleh Kak Juju, perkenalan secara acak dan berantai. Nomor urut ditentukan dengan gulungan kertas yang diambil masing-masing peserta. Sial sekali yang kebagian nomor-nomor buncit, mereka harus mengulangi nama dan alamat Blog teman sebelum-sebelumnya yang sudah memperkenalkan diri duluan.

Hukuman untuk yang tidak ingat, wajahnya akan dicoreti oleh bedak. Syukurlah aku mendapat nomor urut dua. Cuma perlu mengingat nama dan alamat blog peserta nomor satu. Wajahku aman.

Sebagian dari teman-teman memang sudah tegabung dalam satu komunitas Blogger UNSRI. Komunitas Blogger Universitas Sriwijaya. Tapi bukan berarti kami tak beragam. Ada yang bolos sekolah dengan alasan sakit, seperti yang dilakukan Nurul, dia masih kelas dua sma. Ada yang sudah bekerja, perantau di Jakarta yang tengah pulang kampung sepertiku, sampai Kak Juju yang ngakunya mantan Cita Citata. Harusnya dia pandai Goyang Dumang.

ISOMIL (ISTIRAHAT, SOLAT, NGEMIL) DAN TUKAR KADO, PUKUL 12:00.

Berbalas tawa akibat teman yang lupa, atau salah menyebut nama dan alamat blog saat perkenalan, membuat perut kami minta diisi. Telah selesai semua perkenalan, saatnya kami mengeluarkan jajanan yang dibawa dari rumah. Banyak sekali, ketika diletakkan di atas tikar, seperti gundukan yang besar. Kami telah mengintai-intai, mana makanan yang enak dilahap duluan. Pilihanku ialah Lay's rasa rumput laut dan Oreo. Sebenarnya Oreo adalah makanan yang kubawa sendiri.
Saat Pengeroyokan Jajanan
Kopi darat #4mazingKK yang serentak diadakan di delapan belas kota regional kemarin juga dimeriahkan dengan tukar kado. Bukan barang biasa tentunya. Tak boleh lebih dari Rp. 10.000, tidak berupa makanan dan harus dibeli pada minimarket yang telah ditentukan. Bagi yang melanggar, mukanya dicoret lagi. Syukurlah semuanya selamat.
Tengah Meraba-Raba Kado
Kado ditumpuk diats tikar diacak-acak dan ditutupi, perserta yang akan mengambil harus mundul dua meter dari tumpukan kado, lalu berjalan dengan mata tertutup. Setelah sebelumnya badan peserta diputar-putar dahulu. Dengan begitu tak akan tahu, kado mana, apa dan pemberian siapa yang didapatkan.

SHOOTING VIDEO CONTEST #4mazingKK, KURANG LEBIH PUKUL 13.

Mincut, sapaan akrab Mimin Kancut Keblenger mengadakan lomba video singkat yang bertemakan Blogger. Beruntung, jendral kami piawai dalam hal ini. Tak kurang dari 85 video kocak yang telah diupload Kak Juju di akun Instagram-nya @sikonyols. Saatnya Stand-Up Comedian Palembang ini men-direct video kocak yang diperankan Kak Lady dan Ritzya yang beracting dengan ciamik. Anggota regional Palembang yang lain, berperan sebagai figuran. Ah tidak, sebut saja cameo.

Video Contest Hasil Besutan Artis Instagram, Kak Juju @sikonyols

GAME 1 (TEBAK GAYA), KURANG LEBIH PUKUL 13:30.

Kami dibagi menjadi dua regu. Kancut adalah nama regu satu dan Keblenger adalah nama regu dua. Kami akan bersaing, regu mana yang lebih jago menebak profesi yang telah diperagakan oleh salah satu perwakilan tim.

Babak satu dimenangkan oleh timku, tim Kancut.
Tampak Depan Tim Kancut
Agar adil, babak kedua ditambahkan oleh sepasang MC yang belum resmi jadian. Kak Lady pemeran utama video contest dan gebetannya yang turun serta hadir. Lumayan buat dimintatolongi motret-motret kami.

Babak dua dimenangkan oleh tim Keblenger. Ah sayang sekali. Harusnya kami bisa mencoreng muka mereka dengan bedak untuk kedua kalinya.
Tim Keblenger Tenga Pusing Menebak Gaya
GAME 2 (KELIPATAN BERANTAI), KURANG LEBIH PUKUL 14:15.

Satu, dua, DOR!!! Empat, lima, DOR!!!
Game Kelipatan Berantai
Pastinya kita semua sudah tak asing dengan game yang mengasah konsenterasi ini. Kelipatan berantai. Mengganti angka suatu kelipatan dengan kata lain. 

Kami duduk melingkar, memperhatikan dengan seksama setiap angka yang diucapkan kawancut, panggilan untuk member Kancut Keblenger. Bagi yang melamun, atau pikirannya mengawang tak karuhan, siap-siap saja mukanya dicoreng dengan bedak, oleh teman sebelah kanan dan kiri.

Selama beberapa putaran, satu per satu kawancut berguguran setelah diberi dua nyawa. Salah di kali pertama, hukumannya hanya dicoreng muka. Lalu ketika masih tak fokus di kesempatan kedua, siap-siap diberi usiran, BHAY!!! Setelah lagi-lagi wajah harus dihiasi bedak secara random. Sesuka hati yang menghukum.

Permainan mulai alot ketika menyisakan 4 dan 5 orang. Hanya menyisakan Aku, Kak Lady, Kak Ron, Kak Putri, Dek Nurul. Tak selamanya perempuan selalu benar. Putaran terakhir adalah pertaruman man vs man antara aku dan Kak Ron. Agar tak lama, kami memutuskan untuk adu suit saja. Ternyata keberuntungan ada padaku kemarin. Kelingkingku mengalahkan ibu jari yang disodorkan Kak Ron. Aku mengepal tangan dak mengatakan, YES!!!

Sayang sekali, tak ada hadiah untuk pemenang.

GAME 2 (MISSION-X), KURANG LEBIH PUKUL 15.

Untuk mengukuhkan tim mana yang merajai game pada kopdar #4mazingKK kemarin, dua host hijabers Lutfi dan Niken membuat game bernama MISSION-X. Peserta disuruh menyelesaikan misi dengan clue-clue yang diletakkan tersebar di area taman Kambang Iwak Family Park. Lumayan susah memainkan game ini dan harus keliling-keliling taman. Capek juga. Misi terakhir setelah mengumpulkan clue adalah 'Temukan Kertas Bertuliskan Happy Birthday Kancut Keblenger'. Dengan semangat kami, timku, tim Kancut memenangkan game MISSION-X. Hadiah makanan yang diberikan oleh Niken dan Lutfi, akhirnya kami makan beramai-ramai. Dikeroyok dua tim.
Tampak Punggung Tim Keblenger Menyelesaikan MISSION-X
PENUTUPAN, PUKUL 14:00.

Tak terasa, kopdar #4mazingKK yang awalnya kurasa akan garing karena orang-orang ini sangat asing, ternyata begitu menyenangkan. Sesi penutup ini diisi dengan foto-foto dan mendengarkan wejangan-wejangan dari Kak Juju. Sangat membangkitkan gairah untuk kembali rajin nge-blog. Karena Kak Juju termasuk rutin dengan posting-postingnya, sebelum dia disibukkan dengan skripsi.
Sesi Penutupan
Pertemuan yang sangat bagus dan berkesan bagi kami. Sampai-sampai celotehan masih panjang pada malam hari di grup chatting. 

Teman-teman dan semangat baru. Rasanya senang bisa kenal kalian. Kalau aku tak datang kemarin, sungguh disesalkan sekali. Terima kasih Kancut Keblenger, khususnya Regional Palembang. Mudah-mudahan Regional kita menang video contest dan hadiah duitnya bisa buat ngumpul lagi.

Dan yang paling spesial,

HAPPY BIRTHDAY 4th
KOMUNITAS BLOGGER KREATIF INDONESIA

SEMOGA MAKIN EKSIS
TAK HANYA DI DUNIA MAYA
TAPI JUGA DI DUNIA NYATA

8 komentar:

  1. formal banget kak kalimatny hehe.. bdw tyak pakek jilbab biru dongker kak bukan merah :D emang hobi selfie, maklumin.. semoga videony menang biar bisa kumpul lagi. bahas masalah game? disitu kadang saya merasa sedih :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang lagi nyaman nulis pake gaya kek itu soalnya, yak. Hehe
      Iya? Nanti diedit deh. Bajunya yang warna merah, ya.

      Pulang duluan, sih. :p

      Hapus
  2. ceweknya lebih banyak daripada cowok apalagi yang pake jilbab. Jadi, masih inget ngga sama orang-orangnya? hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, cewe-cewe rumpi. :p
      Masih inget dong. :D

      Hapus
  3. Itu pas Games kelipatan berganda, aku cuma ngalah kok. ((NGALAH))
    haha :D

    Eh iya, itu video di post ke youtube ya?
    :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sorry, Kak. Kata ngalah gak kepake. :p

      Kmrn pas upload ke blog, otomatis ke upload juga ke youtube kayaknya.

      Hapus
  4. Ekspektasi takut kalo kopdarnya garing ternyata salah besar ya Am. Pasti bakal nyesel pakek banget kalo nggak dateng kopdar :D

    BalasHapus

Tak "nyasar", maka tak kenal. Ayo tinggalkan kesan!