Sabtu, 19 September 2015

#SatNitePost: Hal-Hal yang Dialami Mahasiswa Pasca Masa Kuliah

Dinyatakan lulus dengan kriteria baik, sangat baik, maupun dengan pujian, merupakan kepuasa lahir dan batin bagi seorang mahasiswa, setelah mengalami pembantaian di ruang sidang. Artinya, masa pendidikan tinggi yang dijalani dengan periode waktu yang bermacam-macam dapat diselesaikan.

Ada yang bilang lulus tepat waktu. Banyak pula yang bangga dengan lulus di waktu yang tepat.

Drama penyusunan skripsi yang seperti tak ada habisnya, mulai dari 'kucing-kucingan' dengan dosen pembimbing, tulisan mantra sakti revisi dan diakhiri dengan 'ACC', harusnya mengisahkan ending yang bahagia.

Meskipun puncak kebahagian yang dirasakan mayoritas mahasiswa adalah saat tali toga mereka dipindahkan oleh rektor, tak sedikit 'calon-calon alumni' universitas masih harus merasakan perjalanan, baik yang pahit maupun yang manis. Lalu, apa saja Hal-Hal yang Dialami Mahasiswa Pasca Masa Kuliah? Mari saya bahas, menurut sudut pandang manusia tersebut, yang telah malas-malasan sambil menunggu waktu wisuda.

1. Ngebet Pengen Liburan

Traveling menjadi salah satu pilihan bagi mahasiswa yang baru saja menyelesaikan sidang akhir di masa kuliahnya. 

#ExploreIndonesia #JalanJalanMen #MyTripMyAdventure #SekianMDPL #AnakGunung #AnakPantai #AnakEmakBapakGue

Hashtag diatas sering kali muncul sebagai penghilang penat bagi sebagian orang. Khususnya yang saya rasakan, ialah teman-teman 'calon alumni'.

Jika #AnakGunung  maka dia akan mendaki hingga ribuan mdpl sambil melewati hutan-hutan. Jika #AnakPantai dia akan snorkeling, Diving atau paling tidak menulis ipk-nya di pasir pantai. Walaupun dia coumlaude, tetap saja terlihat norak, sih.

Nah jika dia lari ke hutan kemudian menyanyi, lalu dia ke pantai kemudian berteriak, berarti dia satu angkatan dengan kita. Hampir tua.

2. Jadi Baper

Pernah berpikir seperti ini?
*pas sma* Pengen cepet kuliah, bosen sama drama di sma.
*pas kuliah* Pengen ke sma lagi aja gara-gara belum move on dari mantan. Atau, pengen cepet lulus, biar bisa cari kerja.
*menjelang kelulusan* Gue masih pengen kuliah, ih. masih pengen gila-gilaan sama temen.

Pada fase terakhir, 'hampir mantan mahasiswa' akan rentan baper. Banyak yang masih ingin mengerjakan tugas bersama, 'nongki-nongki' bareng, titip absen sampai ngemodusin adik tingkat.

Kalian mungkin berpikir, 'Temen-temen gue gak pasti nanti bakal berubah. Jarang chat di grup, apalagi ketemuan. Pasti sibuk sama dunianya masing-masing'.

Hei kawan, manusia tak ada selamanya akan sama. Sebaper apapun kalian, ingatlah hidup harus berjalan maju, bila perlu berlari. Jika seandainya kamu sudah berlari sekuat tenaga, tapi masih disitu-situ saja, lihat kembali, mungkin kalian lagi nge-gym.

3. Lamar Sana Lamar Sini

Lahir ke dunia, pendidikan usia dini, sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, perguruan tinggi, hingga berpenghasilan tinggi. Semua orang, kira-kira akan mengatur skenario hidupnya demikian. Walau terkadang 'sang maha Director' berkehendak lain, atau paling tidak menambah adegan-adegan aksi, komedi dan tak jarang melow.

Di zaman sekarang, ketika rupiah semakin turun pamor terhadap Dollar AS, tentu cari kerja semakin susah. Alih-alih buka lowongan kerja, banyak perusahaan berpotensi melakukan PHK masal. Sedangkan kebijakan pemerintah, mempermudah akses masuk buruh-buruh asing untuk bekerja di Indonesia, di sisi lain, sarjana-sarjana Indonesia pontang-panting membawa CV untuk disodorkan di macam-macam peruhasaan dengan target, 'yang penting kerja dulu'. Katanya sih, masuknya buruh asing agar investor yang sudah ada di Indonesia ndak 'pulang kampung' karena rupiah melemah. Ada benarnya, mungkin.

Berlama-lama mengeluh juga tidak berguna. Semoga teman-teman ahli madya, sarjana dan lain sebagainya segera menemui rezeki dalam karir.

Sebagai penutup, kata mutiara berikut tak asing lagi di telinga maupun mata kita.

Man Jadda Wa Jadda
(Barang siapa yang bersungguh-sunggu, akan berhasil)

3 komentar:

  1. Selain berjuang buat lulus, setelah lulus pun cerita belum berakhir ya mas.
    Bagus tulisannya mas.
    Mampir di blogku juga ya mas kembangkol26.blogspot.com.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul. Karena gol dari kuliah bukan hanya lulus. Tapi mendapat posisi pekerjaan yang lebih baik. Terima kasih atas pujiannya, Teguh.

      Hapus
  2. Selain berjuang buat lulus, setelah lulus pun cerita belum berakhir ya mas.
    Bagus tulisannya mas.
    Mampir di blogku juga ya mas kembangkol26.blogspot.com.

    BalasHapus

Tak "nyasar", maka tak kenal. Ayo tinggalkan kesan!