Senin, 11 Januari 2016

#CAPER: Belajar Sampai Mau 'Muntah'

Dalam banyak hal, kadang-kadang kenyataan tak selalu mesra dengan keinginan. Termasuk ketika saya betul-betul berharap dapat belajar tentang proyek-proyek yang dikerjakan PT PLN (Persero) di seluruh Indonesia. Kenyataannya, kaki saya justru tak sampai ke Udiklat Bogor, tempat siswa Prajabatan PT PLN (Persero) Angkatan 50  ditempa. Menelan materi demi materi tentang kontrak ketenagalistrikan, pengadaan barang dan lain sebagainya.
Mendengar kata 'proyek', memang dekat dengan paradigma 'lahan basah' yang menghasilkan banyak duit. Tapi bukan itu yang saya pikirkan sehingga ingin belajar di Udiklat Bogor. Justru lebih kepada keinginan untuk belajar tentang sesuatu yang baru. Sebab di Udiklat Suralaya, saya belajar hal-hal yang persis dipelajari selama kuliah. Turbin lagi, boiler lagi, entalpi, entropi sampai 'muntah-muntah'. Lagi pula, kalau jadi orang proyek kan enak, bisa jalan-jalan keliling Indonesia atau ke Eropa dan Amerika.

Tapi apapun harus dijalani, kan? Ndak ada gunanya berlarut-larut kecewa. Sekarang saya sudah mantap ingin menjadi seorang ahli pembangkit listrik. Di Udiklat Suralaya, saya akan belajar dengan bagus. 
Teknisi Pembangkit Listrik Kelas A Pembidangan Diklat Prajabatan PT PLN (Persero) Angkatan 50

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tak "nyasar", maka tak kenal. Ayo tinggalkan kesan!