Senin, 18 Januari 2016

#CAPER: Pekan 'Elektronisasi'

Jika di posting sebelumnya saya tulis bahwa ketika saya mengikuti diklat pembidangan di Udiklat Suralaya, saya pasti akan belajar ilmu teknik mesin lagi sampai 'muntah'. Ternyata saya salah besar.

Di pekan kedua diklat pembidangan, ternyata seminggu penuh, saya 'dielektronisasi'. Mendapatkan pelajaran generator, sinkronisasi, kontrol listrik, trafo dan power suplai DC, yang cukup membuat pening dan cengang sebagian besar siswa dengan dasar teknik mesin di kuliahnya. Jangankan mereka, siswa lulusan teknik elektro saja masih banyak tanya ini dan itu.

Sulit dicerna memang. Tetapi baik untuk melawan opini liar saya yang mengatakan bahwa ilmu tentang kelistrikan saya akan jalan di tempat, hanya sebatas pengetahuan pembangkit listrik saya.

Seru juga ternyata belajar tentang teknik listrik atau elektro, suasana di kelas lebih hidup karena kami harus banyak tanya kepada instruktur. Kalau tidak, jangan harap biasa menyelesaikan eveluasi dengan baik.

Semoga hasilnya akan baik dan selalu baik.

'Basic pendidikan kalian di kuliah, jangan dijadikan alasan berkata tidak bisa bertugas di sistem jaringan atau distribusi'. (Instruktur akan selalu bilang begitu).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tak "nyasar", maka tak kenal. Ayo tinggalkan kesan!