Minggu, 13 Maret 2016

#CAPER: Empat Tugas Besar dalam Lima Puluh Hari

Program On Job Training (OJT) telah melewati pekan kedua. Dimana sebelumnya, selama satu minggu kami seperti anak terlantar. Pemindahan tanggung jawab dari udiklat Suralaya ke udiklat Banjarbaru sebagai udiklat yang menaungi siswa OJT di PLTU Asam-Asam, ternyata cukup ruwet. Sering terkendala komunikasi yang kurang baik dan informasi yang didapat oleh udiklat Banjarbaru hanya sepotong-sepotong. Belum lagi ketidaksesuaian judul Project Assignment dengan kondisi PLTU Asam-Asam yang diberikan udiklat Suralaya. Jadilah di pekan pertama kami menghabiskan waktu dengan bersantai-santai saja.

Tetapi sekarang, sudah ndak ada lagi yang namanya bersantai. Waktu terus bergulir, sedangkan kewajiban kami sebagai siswa OJT tidak boleh jalan ditempat. Kewajiban sebagai syarat lulus dari program terakhir sebelum penandatanganan SK penempatan sebagai pegawai PT PLN (Persero). Betul. Serangkaian proses panjang sudah hampir selesai. Tetapi menyisakan tugas yang paling berat dari tanggung jawab sebelumnya.

Pada edisi #CAPER sebelumnya, saya berjanji akan membagi kepada teman-teman semua, tentang kewajiban siswa OJT. Sebagaimana yang telah saya sebut pada paragraf pertama tulisan ini.

Setidaknya, ada empat tugas besar siswa OJT agar dapat dinyatakan lulus dari program diklat prajabatan yang memakan waktu kurang lebih lima bulan ini.

---
1. Project Assignment (PA)

Bagi teman-teman yang pernah atau berstatus mahasiswa, tentu akrab betul dengan yang namanya skripsi atau tugas akhir, bukan? Tidak ada perbedaan yang betul-betul nampak antara sikripsi semasa kuliah dengan Project Assignment. Hanya saja, judul Project Assignment sudah ditentukan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Di awal program OJT, siswa akan diberikan suatu permasalahan berkenaan dengan unit yang bersangkutan. Misalnya, 'Peningkatan Keandalan PLTU Asam-Asam unit 3 dan 4'. Tanggung jawab sebagai siswa OJT bukanlah bekerja selayaknya pegawai di bagian operasi, pemeliharaan, atau enjiniring. Tetapi sebagai orang yang menganalisa segala sesuatu tentang keandalan unit tersebut. Dimulai dengan mengkaji permasalahan, penyebab, dampaknya terhadap performa unit serta pemaparan solusi, sebagai Goal untuk meningkatkan keandalan PLTU Asam-Asam unit 3 dan 4.

Lalu karya ilmiah tersebut dibuat dalam bentuk buku selayaknya skripsi dan harus dapat dipertanggungjawabkan pada sidang akhir.

2. Science Technology Olympic (STO)

Sesuai dengan judul program diklat prajabatan yang dicanangkan berbasis project dan budaya berinovasi yang juga ditanamkan pada nilai-nilai PT PLN (Persero), STO diharapkan dapat melatih calon pegawai untuk selalu mengembangkan pikiran dengan Continuous Learning.

Siswa OJT ditugaskan mencari pemecahan masalah dengan sesuatu yang berasal dari pemikiran sendiri. Baik dengan menggunakan metode modifikasi, substitusi maupun eliminasi, sesuai dengan kondisi yang diperlukan dengan mempertimbangkan benefit dan dampaknya terhadap perusahaan.

3. Ujian Online

Selain Skill, siswa OJT harus dibekali dengan Knowledge yang mumpuni. Sehingga pada akhir program diklat prajabatan, diadakan ujian Online yang berkenaan dengan materi yang telah diterima selama lima bulan. Pendeknya seperti ujian nasional versi Online.

4. Presentasi

Sebagaimana sempat saya singgung di poin satu, PA dan STO harus dapat dipertanggungjawabkan di depan pejabat perusahaan. Sehingga calon pegawai terbiasa mengeluarkan gagasan berdasarkan argumen yang kuat dan rasional, serta dapat menjadi seorang Public Speaking yang baik.

Keempat tanggung jawab tersebut, harus diselesaikan dalam waktu 50 hari kerja. Luar biasa bukan? Lalu teman-teman, semakin bersemangatkah kalian untuk berkarir di PT PLN (Persero)?
---

Memang bukan waktu yang nyaman lima bulan ditempa dengan berbagai macam tanggung jawab. Tetapi kalau tidak begitu, mana bisa jadi pegawai setrum. Sebagai penutup edisi ini, saya kembali mengutip kalimat bijak:

'Kalau kesusahan adalah hujan dan kesenangan adalah matahari, maka kita butuh keduanya untuk melihat pelangi.' (Dahlan Iskan)

7 komentar:

  1. mas mau nanya kemaren bikin STO mengenai apa ya?
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berhubung sy mekanikal dan ojt di PLTU Asam-Asam, sy buat modifikasi line piping sootblower boiler, mbak.

      Hapus
  2. Kalau untuk PA judulnya apa gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penambahan Coating pada Dinding Mill.

      Hapus
  3. mas mau nanya itu PA sama STO se akar permasalahankah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baiknya sih begitu. Krn waktu pengerjaan terbatas. Tp kmrn sy dan kebanyakan teman2 di bidang pembangkitan, berbeda akar permasalahan antara PA dan STO.

      Hapus

Tak "nyasar", maka tak kenal. Ayo tinggalkan kesan!