Selasa, 05 Juli 2016

Hal-Hal yang Eksis saat Lebaran

Opor ayam, rendang dan kuah lontong sudah semakin kuat aromanya. Kuning keemasan nastar satu per satu telah eksis pada meja-meja di ruang tamu. Betul. Takbir akan segera bergema.

Taqabbalallahu Minna Wa Minkum, kawan-kawan. Semoga Allah menerima amalan kita di bulan Ramadhan, dan mudah-mudahan kita dipertemukan kembali dengan bulan suci tahun depan. Bila saja dalam konten di Blog ini, terdapat posting-posting yang tak berkenan di hati kawan-kawan semua, atas nama pribadi saya memohon maaf yang sebesar-besarnya.

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1437 H. Mari bertakbir!

---
Hanya prolog singkat saja, lebaran tak afdol tanpa suka cita dalam saling memberi selamat atas datangnya hari raya umat muslim sejagat.

Kali ini, kita bahas yang ringan-ringan saja, terkait lebaran ketupat. Idul Fitri, memang meninggalkan dilema. Suka cita atas datangnya hari kemenangan dan duka membekas atas kepergian Ramadhan yang agung. Ditambah lagi, baru-baru saja santer sedengar ledakan bom di kota Qatif dan Madinah yang menghebohkan jagat maya. Juga tragedi bom bunuh diri di negeri kita sendiri, Solo. Mari sejenak sebelum larut dalam suka cita, kita mendoakan kebaikan, ketabahan dan terselesainya konflik teorisme dan radikalisme di bumi ini. Tentu kita semua mengecam segala bentuk kekerasan, tanpa pandang agama, suku dan bangsa mana pun. Ya, kita semua mengecam aksi terorisme! Terlebih, ketika akan datang hari kemenangan bagi umat muslim, mari kita berdoa kepada Allah sang maha sejahtera, untuk memberikan kita Idul Fitri dengan suka cita dan tanpa luka.

---
Berbicara lebaran, tentunya event tahunan ini pasti mengisahkan hal-hal tak biasa. Bagaimana tidak, untuk dapat bertakbir dengan suka ria, umat muslim harus berpuasa satu bulan penuh, diiringi dengan amalan-amalan lainnya. Tak bisa dihindarkan, makanan khas, pakaian terbaik, saling berbagi dan silaturahmi akan terasa sangat manis di bulan Syawal.

Terlepas dari itu, ada hal-hal lain yang pasti terjadi ketika lebaran ketupat. Mari kita simak, di bawah inilah bahasannya:

1. Sidang Isbat
Kejadian ini sering kali mengisahkan drama. Perbedaan dan berdebatan sering kali muncul dalam penentuan masuknya bulan Syawal. Tapi terlepas dari drama, ketok palu sang menteri agamalah yang ditunggu-tunggu. Sehingga sidang ini lebih menarik ketimbang sidang-sidang lain, seperti sidang skripsi misalnya.

2. Nastar
Saya pribadi, mengatakan bahwa sebetulnya kue berwarna kuning keemasan berisi selai nanas ini, rasanya betul-betul biasa. Tetapi eksistensi kue ini tak pernah pudar dimakan zaman. Dijamin, ketika kawan-kawan berkunjung ke rumah saudara atau tetangga bahkan di rumah sendiri, panganan yang bentuknya lebih dominan bulat ini selalu tersedia, mahal dengan porsi yang lebih banyak dari kue-kue lain. Betul?

3. THR
Semua pasti paham betul kalau masalah duit. Tetapi belakangan tiga huruf ini sering diantrikan oknum-oknum baper sebagai Tunangan Hari Raya. Sebagai bahan plesetan dari perasaan geram, mungkin, karena sering ditanya 'Kapan nikah?', saat silaturahmi keluarga.


4. Film di Televisi
Sebetulnya tidak hanya saat lebaran, pada hari raya tertentu, televisi selalu menyajikan acara yang berbeda dari biasanya. Nah saat lebaran acara-acara yang biasa disajikan adalah, konser tertajuk takbiran, Warkop DKI dan film Alm. Benyamin.




5. Mudik
Hanya ada di Indonesia. Sebagai negara kepulauan mayoritas penduduk islam dan program transmigrasi yang pernah digalakkan pemerintah, mudik menjadi event akbar tahunan yang memerlukan banyak persiapan secara khusus yang ditangani langsung oleh pemerintah.
Harap berhati-hati. Jangan sampai keinginan kawan-kawan untuk bertemu keluarga berujung tak mengenakan (Naudzubillah). Maka daripada itu, jangan lupa berdoa, niat yang lurus untuk bersilaturahmi dan patuhi aturan berkendara dengan baik.


6. Maraknya Posting Macam ini
Terima kasih.

Sumber gambar terkait:
http://assets-a1.kompasiana.com/items/album/2015/07/13/abiummi-55a3ea2f4023bdaa0905bfa4.jpg?t=o&v=1200
https://cdns.klimg.com/newshub.id/news/2016/04/15/54851/750xauto-film-warkop-dki-reborn-segera-tayang-siapa-pemeran-dono-kasino-indro-1604155.jpg
http://cdn1-a.production.liputan6.static6.com/medias/926813/big/062416500_1436761890-4.jpg
http://resephariini.com/wp-content/uploads/2015/05/kue-nastar-nanas.jpg
http://korannonstop.com/wp-content/uploads/2016/06/319741_penetapan-awal-ramadhan-1436-h_663_382.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tak "nyasar", maka tak kenal. Ayo tinggalkan kesan!