Selasa, 27 Februari 2018

ZERO ACCIDENT YES WE CAN!


Zero Accident, perupakan ambisi besar yang dicanangkan oleh manajemen PLN UIP JBTB II, guna melindungi baik pekerja maupun pihak-pihak berkepentingan yang berada dalam lingkup project, demi tercapainya sasaran untuk menyelesaikan pembangunan pembangkit listrik tepat waktu, mutu dan biaya.

Dalam rangka menanamkan budaya K3 yang baik di lingkungan PLN UIP JBTB II, dan sebagaimana yang telah diinstruksikan oleh KDIV K3L melalui Surat No. 0021/KLH.00.01/DIVK3L/2018 tanggal 18 Januari 2018 tentang Bulan K3 Nasional, PLN UIP JBTB II mengadakan Closing Ceremony Bulan K3 Nasional pada tanggal 12 Februari 2018.

Tidak kurang dari 1300 pekerja di Main Site Grati CCPP Extension Project telah memulai pekerjaannya dengan rutinitas Toolbox Meeting pada pukul 07:00. Bersama dengan pengawas pekerjaan dan pengawas K3, para pekerja diingatkan lagi tentang pentingnya bekerja aman dengan mengacu pada Instruksi Kerja dan memperhatikan aspek-aspek keselamatan pada Job Safety Analysis. Hal ini tentu merupakan kewajiban bagi setiap orang yang berada di tempat kerja sesuai yang diatur oleh perundangan untuk taat kepada nilai-nilai Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), guna mencegah terjadinya kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja.
Kegiatan yang mengusung tema “Melalui Budaya K3 Mendorong Terbentuknya Bangsa yang Berkarakter” ini dihadiri oleh seluruh elemen yang berperan dalam Grati CCPP Extension Project, mulai pekerja, Sub-Contractor, Consortium Samsung C&T, LOTTE E&C dan PT Hutama Karya (Persero), PLN-Enjiniring selaku konsultan, hingga manajemen PLN UIP JBTB II yang dihadiri langsung oleh General Manager, Bpk. Eko Priyantono Aviantoro dengan didampingi jajaran manajemen lainnya.

Kegiatan ini dibuka dengan Safety Talk yang disampaikan oleh perwakilan Consortium guna me-refresh kembali ingatan para pekerja tentang pentingnya nilai-nilai K3 dalam bekerja. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan Keynote Speech dari KDIV K3L yang dalam kesempatan tersebut disampaikan oleh General Manager UIP JBTB II. Keynote Speech yang disampaikan di hadapan ribuan pekerja dengan penuh semangat. Pidato yang melecutkan semangat semua pekerja untuk satu visi, yaitu mencapai Zero Accident, sesuai dengan komitmen yang telah ditetapkan oleh manajemen, “Tidak ada yang Lebih Berharga dari Jiwa Manusia”.
Ambisi yang tidak mustahil, sebab Grati CCPP Extension Project pada tanggal 10 Januari 2018 berhasil mencapai 5 MILLION SAFE MAN-HOURS WITHOUT LOT TIME INJURY (LTI). Pencapaian yang sangat luar bisa untuk pekerjaan konstruksi dengan risiko bahaya sangat tinggi. Mulai dari bahaya jatuh dari ketinggian, kejatuhan benda berat, ledakan, kebakaran dan potensi-potensi bahaya lainnya.
Melalui sinergi antara semua elemen dengan mengusung jargon “One Team One Ship for One Goal, Yes We Can!”, PLN UIP JBTB II di kesempatan yang baik ini memberikan penghargaan Good HSE Implementation & 5 MILLION SAFE MAN-HOURS WITHOUT LTI kepada Consortium Samsung C&T, LOTTE E&C dan PT Hutama Karya (Persero) dan Konsultan PLN-Enjiniring. Sebuah sertifikat yang mewakili rasa terima kasih manajemen PLN UIP JBTB II sebagai unit yang mengemban tugas dari PLN Kantor Pusat sebagai Leader dalam mensukseskan Grati CCPP Extension Project.
Selain Consortium, para pekerja pun mendapatkan penghargaan atas kerja kerasnya dalam kepeduliannya terhadap keselamatan diri. Karena K3 bukan hanya milik manajemen. Tetapi milik semua elemen, mulai dari atasan hingga pekerja kasar.
Terpilih 20 orang dari 1325 pekerja yang ada di Grati CCPP Extension Project yang merupakan hasil pengamatan para HSE Supervisor dalam keseharian pekerjaannya. Bukanlah hadiah yang mewah, tetapi cukup untuk menghargai usaha dan memotivasi para pekerja, bahwa K3 tidak hanya tentang hukuman bagi pelanggar. Tetapi ada juga Reward bagi yang patuh.
Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat menumbuhkan dan terus memupuk budaya K3 yang ada di lingkungan PLN UIP JBTB II. Sehingga mejelang COD PLTGU Grati yang menyisakan beberapa bulan saja, akan terus menambah durasi NON LOST TIME INJURY (LTI) yang ada di Grati CCPP Extension Project demi terwujudnya visi bersama Zero Accident.
Dengan nilai-nilai K3 yang diatur dalam peraturan perundangan, kami yakin tidak ada yang mustahil. Sesuai dengan jargon UIP JBTB II yang selalu kami gaung-gaungkan, Yes We Can!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tak "nyasar", maka tak kenal. Ayo tinggalkan kesan!